Senin, 17 September 2007


Bambang Trihatmojo Berburu Singa Hingga ke Benua Afrika (3-Habis)
Pilih Pensiun Dini Aktivitas Bisnis
DI usianya ke-53 tahun, putra ketiga mantan Presiden Soeharto, Bambang Triatmojo mengaku telah pensiun dari kegiatan usaha dan kesibukan mengurusi kerajaan bisnis, PT Bimantara Citra Tbk. Bulan depan Bambang akan genap 54 tahun. Mustinya usia pensiun 55 tahun. "Saya sudah pensiun," ujar Bambang Tri.

Bimantara didirikan Bambang Tri pada 30 Juni 1981. Pada mulanya perusahaan pada bidang industri dan perdagangan. Lalu sempat ekspansi pada banyak bidang termasuk media massa dan penyiaran, telekomunikasi, infrastruktur, transportasi dan otomotif, industri kimia, hotel dan properti, finansial dan investasi.

Setelah 14 tahun beroperasi, Bimantara mulai membuka diri ke masyarakat melalui penawaran saham perdana ke publik melalui Bursa Efek Jakarta 17 Juli 1995. Kemudian, tahun 2000, manejmen memutuskan perusahaan konsentrasi hanya pada tiga bidang bisnis utama, yakni media dan penyiaran, transportation dan Logistik, serta Telekomunikasi.

Saham Bimantara Citra berdasarkan data Indoexchage 28 Februari 2007, dikuasai lima pihak, yakni empat perusahaan dan publik. Komposisinya adalah PT Bhakti investama Tbk sebesar 48,98 persen, PT Asriland (13,83 %), MS + Co Inc Client AC (7,70 %), Astoria Development Limited (5,48 %) dan publik (24,02 %).

Di awal tahun 1990-an, Bimantara sempat meramiakan industri otomotif dengan memasok mobil buatan Korea. Bimantara bersaing dengan perusahaan milik Tommy Soeharto, Humpuss Group yang mengimpor completly build up mobil Korea dan disulap menjadi mobil nasional, Timor. Saat ini, Bimantara menjadi raksasa bisnis media melalui Media Nusantara Citra (MNC) memiliki tiga televisi, RCTI, TPI dan Global TV, ada media cetak seperti harian Sindo. (Persda Network/domuara ambarita)

Tidak ada komentar: