Sabtu, 10 November 2007

Sempat Dicurigai Orang yang Menyamar

MESRA:Yusril Ihza Mahendra (kanan),
dan istrinya, Rika Tolentino Kato (kiri)
yang berdarah Jepang-Filipina terlihat mesra
saat meninggalkan rumah dinasnya di Jalan
Widya Chandra I Nomor 2, Jakarta Selatan, setelah
diberhentikan Presiden Yudhoyono, 8 Mei 2007.


Persda Network/Bian Harnansa




Yusril Mulai Keranjingan Blog (2)

Laporan Wartawan Persda, Domuara Ambarita

MULAI aktifnya Yusril Ihza Mahendra berkomunikasi lewat blog sempat diragukan banyak orang. Perdebatan muncul, meragukan kalau mantan Mensesneg itu adalah betul-betul pemilik alamat http://mahendra-ihza-yusril.blogspot.com. Maklum, bajak-membajak nama di dunia maya sangat kerap terjadi.

Muhammad Rivai Andargini, profesional TI, misalnya mengatakan, "Ketika pertama kali membaca ulasan Pak Priyadi mengenai blog Pak Yusril Ihza Mahendra, saya masih dalam tahap ragu antara percaya dan tidak." Vavay, sapaan Rivai di jagat maya, menuturkan sengaja memosting komentar pertama, untuk mengetes apakah pemilik blog tersebut benar Yusril atau bukan.

"Terus terang saya pribadi kurang percaya kalau ini benar pak Yusril," tulis Vavay sembari mengusulkan pelacakan melalui sahabat Yusri, Menhut MS Ka'ban dan adiknya, Yusron Ihza.

Keraguan Vavay, karena Yusril kurang akurat menulis nama Ketua Partai Demokrat, Budhisantoso menjadi Budisusilo. "Ini sangat aneh karena Pak Yusril orang yang sangat teliti pada detail. Karena sempat di PBB, saya jadi tambah yakin yang menyamar adalah orang yang tahu banyak soal Pak Yusril."

"Ini ada kekurangcermatan lagi pada blog yang di blogspot: Badan Komukasi Pemuda Masjid (BKPM). Sepertinya ini juga kurang cermat, baik singkatan BKPM maupun penulisan komukasi. Yang benar adalah BKPRMI, Badan Komunikasi Pemuda-Remaja Masjid Indonesia (http://www.bkprmi.org/). Memang benar dulunya organisasi ini bernama BKPMI. Waktu Pak Yusril jadi ketua umum PBB, ketua BKPRMI adalah KH Kholil Ridwan yang menjadi salah ketua di PBB."

Jie menyusul dengan komentar yang menarik, "Abis ini saya yakin "Pak Yusril" bakal komen di sini" Benar saja, tak lama kemudian ada balasan komentar dari "Pak Yusril"


"Terima kasih atas semua pandangan, saran dan komentar atas blog yang baru saya buat. Seperti telah saya jelaskan, saya baru dalam taraf belajar. Sebagai pemula, saya pikir, lebih baik saya gunakan blog gratis dulu. Saya mohon maaf, jika dalam posting saya di bog Jay, terdapat kekeliruan karena buru-buru," kata Yusril.

Jay yang disebut Yusril adalah pemilik nama lengkap Yulian Firdaus Hendriyana. Dia alumnus Departemen Arsitektur di ITB. Hobi yang kental seputar teknologi informasi dan komputer, terutama dunia Linux dan Open-Source membawa Jay dan kawan-kawan mendirikan KLuB Linux Bandung, bagian dari Kelompok Pengguna Linux Indonesia.

"Masih ada juga yang ragu-ragu kalau blog ini saya buat sendiri, dan posting di blog Jay serta sekarang ini, juga saya tulis sendiri. Tidak apa, wajar saja keraguan itu. Pernah ada yang membuat friendster atas nama saya, namun saya tidak pernah membuatnya. Saya telah mengundang Jay dan Achmadi untuk minum kopi agar kedua beliau "ainul yaqin" yang posting dan membuat blog itu adalah saya. Mudah-mudahan setelah itu akan meningkat menjadi "haqqul yaqin"," tulis Yusril<


Meski diklarifikasi, para blogger tetap meragukan keaslian Yusril di blog itu. "Hehehe, jika sebelumnya saya masih 68% ragu apakah ini benar Pak Yusril yang sedang blogwalking, kini keraguan saya meningkat menjadi 86%," lanjut Vavay sembari menguraikan ciri khas Yusril, antara lain teliti pada detail serta runtut dan tajam. jarang keliru.

Tidak ada komentar: