Senin, 21 Juli 2008


CREATIVE MIND AND PUBLIC SPEAKING WORKSHOP

Gramedia Majalah, 11-12 Juni 2008
(Fenny Martan/ Pusdiklat KG)

http://wth-kompasgramedia.com/wth_web/main_page.php

- Salah satu bentuk penghargaan bagi karyawan Kompas Gramedia yang berpartisipasi pada Lomba Ide & Inovasi WTH 2008 -

Pada Tanggal 11 Juni 2008 yang lalu Panitia Win The Heart 2008 bekerjasama dengan Pusdiklat KG telah menyelenggarakan acara Creative Mind and Public Speaking Workshop di Gd. Gramedia Majalah, Jl. Panjang.
Acara ini diadakan selama 2 hari, dimana hari pertama dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi diisi oleh Bapak Made Suryawan (Quality Development and Training Department Manager PT. Grahawita Santika) yang sharing mengenai Creative Mind dan sesi siang diisi oleh Bapak Masri Sareb (Staf Akademik dan Koordinator mata kuliah Pengembangan Kepribadian Universitas Multimedia Nusantara) yang membawakan sharing mengenai Public Speaking with Confidence. Hari kedua adalah Workshop Public Speaking dan Presentasi yang juga dibawakan oleh Bapak Masri didampingi oleh Bapak Johny Natu (Pusdiklat KG) yang juga bertindak sebagai moderator.

11 Juni 2008 –Sesi Pagi: Creative Mind – Bapak Made Suryawan
Tujuan :
Agar mampu menjadi pembelajar yang sejati dan menjadi INTELEKTUAL & insan yang lebih KREATIF dan PRODUKTIF

Sesi ini dibuka dengan film koleksi Pusdiklat KG yang berjudul “A Race Without a Finish Line” yang mencoba membuka wawasan peserta bahwa customer jaman sekarang ini lebih demanding. Mereka akan selalu menuntut “IT COULD BE BETTER!” terhadap kualitas produk dan jasa kita. Kemudian acara dilanjutkan dengan ice breaker pembuka yang mencoba untuk menggali kreativitas peserta.

Apa itu creative mind? Creative mind adalah daya jiwa & pikir yang mampu menghasilkan ide yang memberikan solusi, option yang lebih baik dengan kreasi, warna lain dan tidak selalu normatif .

Bagaimana dasar-dasar menuju jiwa kreatif?
1. Miliki Hati yang harmonis.- siapakah saya?
2. Mengenal kemampuan otak manusia
3. Mengetahui kompetensi diri.(based on quick thinking & action)
4. Kreativitas, Kebijaksanaan dan Kepasrahan
5. Memiliki Lateral thinking yang berkembang
6. Menjadi INTELEKTUAL SEJATI (memiliki kepekaan social / social analysis ability) dan akhirnya berjiwa MERDEKA dalam berpikir dan berpendapat. Beyond generic knowledge !


11 Juni 2008 –Sesi Siang: Public Speaking with Confidence – Bapak Masri Sareb
Tujuan:
Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, presentasi, dan pengetahuan mengenai teknik persuasive dan public speaking.

Pada sesi ini peserta dipaparkan pada apa dan bagaimana melakukan presentasi, apa itu Public Speaking, bagaimana persiapan kita dalam melakukan Public Speaking, mengenal tipe-tipe peserta (audience), bagaimana melakukan berbagai macam teknik argumentasi yang mengarah pada emosi, karakter, dan rasio.

12 Juni 2008 – Workshop Public Speaking dan Presentasi – Bapak Masri Sareb & Johny Natu
Sesi di hari kedua ini adalah kegiatan interaktif dimana peserta yang telah terbagi menjadi….. kelompok, dimana tiap-tiap kelompok diminta untuk memberikan perwakilan untuk mempresentasikan ideyang telah dikirimkan kepada panitia Win the Heart. Setelah peserta melakukan presentasi maka teknik presentasinya akan diulas dan diperbaiki melalui saran-saran perbaikan yang disampaikan oleh Bapak Masri Sareb.
Keluar sebagai peserta dengan penilaian presentasi terbaik adalah kelompok 10 yang diwakili oleh Bapak Domu dari Persda.

Demikianlah seluruh rangkaian acara telah berakhir, semoga acara ini bisa memberikan bekal dan manfaat. Let’s Delight Our Customer!

Tidak ada komentar: